PELUANG USAHA MANTAB

Bisnis saling asih asah dan asuh

Kamis, 11 Oktober 2012

TIPS MERAWAT TAS KAIN


Kebanyakan orang selalu mencuci tas kain mereka jika tas tersebut sudah kotor. Namun tahukah anda bahwa ada cara-cara dan aturan khusus yang berlaku dalam mencuci tas kain? Hal itu bertujuan agar tas kain kesayangan anda tidak kotor, pudar, atau luntur warnanya.
Berikut saran-saran yang bisa saya berikan: 
      1. Menggunakan vacum cleaner berukuran kecil. Dengan begitu semua debu dan kotoran akan lebih mudah hilang . Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika tas memiliki konstruksi yang kuat.
2.      Jika tas kain tak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat dan beri sedikit detergent. Pastikan jangan mencucinya dengan cara disikat, cukup kucek sedikit sampai noda hilang.
3.   Saat mencucinya, gunakan sabun pencuci khusus untuk tas bahan kain/spunbond yang banyak dijual di pasaran
4.  Atau anda bisa juga mencuci tas kain dengan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan shampo di air sampai tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan tas kain
5.      Untuk tas kain dengan manik-manik dan bebatuan, sebaiknya kunjungi tukang tas untuk membersihkannya. Sangat disarankan agar anda tidak membersihkan tas jenis ini sendiri agar tidak merusak warna dan ornamennya
6.      Noda yang sangat kotor bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yang kotor tadi. Perlu diperhatikan, hindari mencuci tas berbahan kain corduroy dengan detergen karena kain akan mudah luntur.
7.      Jangan mencuci Tas bahan kain atau spunbond dengan mesin cuci
8.      Jangan merendam tas dalam waktu yang lama
9.      Saat akan menjemurnya, Tas bahan kain atau spunbond yang basah tak perlu diperas. Dan jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering
10.  Saat menjemurnya, tarik bagian tepi tas kain secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.
11.  Jika sudah dijemur, hindari menyetrika tas kain secara langsung. Jika tas kain tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas tas bahan kain atau spunbond lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru disetrika.

1 komentar: